KOMUNIKASI - Twister

Twister

information, download games applications.

BAAK Universitas Gunadarma

banner-blog-baak

Post Top Ad

Responsive Ads Here
KOMUNIKASI

KOMUNIKASI

Share This
Baca dengan file >Word<


Assalamualaikum, selamat datang pembaca. Pada kali ini, penulis ingin menulis tentang Komunikasi  untuk memenuhi tugas Teori Organisasi Umum.
oke, langsung kita mulai aja ya.
pertama-tama,

Apa itu Komunikasi?

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan komunikasi dengan bahasa nonverbal, yaitu menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu.

Bagaimana proses dan apa saja jenis Komunikasi ?

Proses komunikasi adalah bagaimana komunikator menyampaikan pesan kepada komunikannya, sehingga dapat menciptakan suatu persamaan makna antara komunikan dengan komunikatornya. Proses komunikasi ini bertujuan untuk menciptakan komunikasi yang efektif (sesuai dengan tujuan komunikasi pada umumnya).
Contoh.
·         Komunikator (sender) yang mempunyai maksud berkomunikasi dengan orang lain mengirimkan suatu pesan kepada orang yang dimaksud. Pesan yang disampaikan itu bisa berupa informasi dalam bentuk bahasa ataupun lewat simbol-simbol yang bisa dimengerti kedua pihak.
·         Pesan (message) itu disampaikan atau dibawa melalui suatu media atau saluran baik secara langsung maupun tidak langsung. Contohnya berbicara langsung melalui telepon, surat, e-mail, atau media lainnya.

Jenis-jenis Komunikasi ada 2 yaitu :
A.    Komunikasi Lisan
Komunikasi Lisan secara langsung adalah komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang saling bertatap muka secara langsung dan tidak ada jarak atau peralatan yang membatasi mereka. Lisan ini terjadi pada saat dua orang atau lebih saling berbicara/ berdialog, pada saat wawancara, rapat, berpidato.
komunikasi lisan yang tidak langsung adalah komunikasi yang dilakukan dengan perantara alat seperti telepon, handphone, VoIP, dan lain sebagainya karena adanya jarak dengan si pembicara dengan lawan bicara.
B.     Komunikasi Tulisan
komunikasi tulisan adalah komunikasi yang di lakukan dengan perantaraan tulisan tanpa adanya pembicaraan secara langsung dengan menggunakan bahasa yang singkat, jelas, dan dapat dimengerti oleh penerima. Komunikasi tulisan dapat berupa surat-menyurat, sms, surat elektronik, dan lain sebagainya.

Contoh Kasus Komunikasi
“Ibu sedang memberitahu anaknya yang masih kecil bahwa tidak boleh bermain di dapur karena sangat berbahaya.”
Contoh kasus anak dan ibu tersebut yaitu jenis komunikasi secara lisan secara langsung karena si ibu berbicara langsung dengan si anak tanpa perantara apa pun. Seperti pada pengertian komunikasi lisan secara langsung yaitu, si ibu bertatap muka langsung dengan si anak dan tanpa perantara alat apapun seperti surat, handphone, dll.

Bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan efektif ?

Cara berkomunikasi yang baik  yaitu dengan cara :
1.      Penyampaian harus baik
·         Sampaikan dengan perlahan. Tidak berbicara terlalu cepat agar lawan bicara dapat menerima apa yang kita bicarakan. Contohnya : membicarakan hal hal yang dianggap menyenangkan dengan terlalu cepat.
·         Bicaralah dengan suara lantang. Bicara dengan lantang agar lawan bicara dapat mendengar apa yang kita bicarakan.
·         Bicaralah dengan jelas. Berbicara dengan jelas agar lawan bicara dapat menangkap dengan jelas apa yang kita bicarakan, jangan berbicara seperti bergumam.
·         Bicaralah dengan suara yang tidak monoton. Mengatur emosi dalam berbicara.
·         Gunakan jeda. Agar lebih rileks dan lawan bicara lebih memerhatikan, gunakan jeda pada pembicaraan.
·         Body language. Gunakan bahasa tubuh yang baik.
2.      Merespon dengan baik apa yang lawan bicara sampaikan
3.      Tidak meng-interupsi
4.      Mendengarkan dengan baik apa yang lawan bicara sampaikan

Apa saja bentuk-bentuk Komunikasi?

Bentuk-bentuk Komunikasi
1.      Komunikasi Interpersonal (Antarpribadi)
Komunikasi interpersonal menunjuk kepada komunikasi dengan orang lain. Komunikasi Antar Pribadi (Interpersonal Communication) yaitu komunikasi yang terjadi di antara satu individu dengan individu yang lain (Littlejohn, 1999). Hal ini dapat mencakup semua aspek komunikasi seperti mendengarkan, membujuk, menegaskan, komunikasi nonverbal, dan banyak lagi.

Ciri-ciri Komunikasi Interpersonal :
·         Berada dalam jarak yang dekat.
·         Mengirim dan menerima pesan secara simultan dan spontan, baik secara verbal maupun nonverbal.
·         Informal
·         Tanpa terencana
·         Efek yang ditimbulkan bisa (kognisi  penambahan wawasan, pengetahuan, Afektif  sikap, psikomotorik  perubahan perilaku / perilaku baru), karena dalam bentuk face to face atau langsung.

2.      Komunikasi Intrapersonal (Komunikasi Intrapribadi)
Komunikasi intrapersonal adalah proses komunikasi yang berlangsung dalam diri seseorang. Komunikasi intrapersonal merupakan keterlibatan internal secara aktif dari individu dalam pemrosesan simbolik dari pesan-pesan. Seorang individu menjadi pengirim sekaligus penerima pesan, memberikan umpan balik bagi dirinya sendiri dalam proses internal yang berkelanjutan.
3.      Komunikasi Massa (Mass Communication)
Komunikasi Massa (Mass Communication) adalah komunikasi yang menggunakan media massa, baik cetak (Surat Kabar, Majalah) atau elektronik (radio, televisi).
Ciri-ciri komunikasi massa :
·         Menggunakan media masa dengan organisasi (lembaga media) yang jelas.
·         Komunikator memiliki keahlian tertentu.
·         Pesan searah dan umum, serta melalui proses produksi dan terencana.
·         Khalayak yang dituju heterogen dan anonym.
·         Kegiatan media masa teratur dan berkesinambungan.
·         Ada pengaruh yang dikehendaki.
·         Dalam konteks sosial terjadi saling mempengaruhi antara media dan kondisi masyarakat serta sebaliknya.

4.      Komunikasi Kelompok (Group Communication)
Komunikasi kelompok adalah komunikasi yang berlangsung antara beberapa orang dalam suatu kelompok “kecil” seperti dalam rapat, pertemuan, konperensi dan sebagainya (Anwar Arifin, 1984).
Kelompok adalah sekumpulan orang yang mempunyai tujuan bersama yang berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama, mengenal satu sama lainnya, dan memandang mereka sebagai bagian dari kelompok tersebut (Deddy Mulyana, 2005).
Ciri-ciri komunikasi Kelompok :
·         Jumlah lebih dari dua orang.
·         Formal/Informal.
·         Terencana.

Teori komunikasi adalah satu pandangan dan strategi yang akan membentuk alat dan rangka kerja untuk sesuatu perkara yang hendak dilaksanakan Dalam proses komunikasi teori akan membina bentuk dan kaidah komunikasi yang hendak dibuat. Melalui penulisan ini pejelasan tentang beberapa teori komunikasi akan dibuat.[1] Terdapat dua aspek utama yang dilihat secara tidak langsung dalam bidang ini sebagai satu bidang pengkajian yang baru. Aspek pertama ialah perkembangan dari beberapa sudut atau kejaidian seperti teknologi komunikasi, perindustrian dan politik dunia. Teknologi komunikasi contohnya radio, televisi, telefon, setelit, rangkaian komputer telah menghasilkan ide untuk mengetahui apakah kesan perkembangan teknologi komunikasi terhadap individu, masyarakat dan penduduk disebuah negara.

Demikian tulisan ini penulis buat. kalau masih ada salah dalam tulisan dan pengetikan, penulis ingin meminta maaf. Karena penulis pun juga manusia yang tak luput dari kesalahan. Terima kasih karena sudah menyempatkan untuk sekiranya mampir dan membaca. Sampai di tulisan selanjutnya :D

Referensi :
https://justmyhobby.wordpress.com

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages